Lokasi

24 Cabang Klinik

Klinik Tambal Gigi Jakarta Terdekat

PAKET PEMASANGAN VENEER GIGI SEPTEMBER

PILIHAN PAKET VENEER GIGI

Tambal Gigi Kompleks Gigi Belakang Apps

Perawatan tambal gigi dari harga normal 349rb, khusus reservasi via FDC Apps.

Rp199rb

Tambal Gigi Kompleks Gigi Belakang

Perawatan tambal gigi kompleks gigi belakang tanpa reservasi via FDC Apps.​

Rp349rb

Tambal Gigi

Tambal Gigi adalah jenis perawatan gigi yang berfungsi untuk mengembalikan struktur gigi yang hilang yang disebabkan oleh pembusukan atau kecelakaan. Pembusukan membuat gigi berlubang.

Tambal Gigi membantu mengisi celah pada gigi berlubang dan melindunginya dari kerusakan yang lebih parah. Tambalan juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau retak dan gigi yang luntur karena kebiasaan gigi seperti menggiling gigi, menggigit kuku, dan lain-lain.

Kapan Harus Melakukan Perawatan Tambal Gigi?

Ada berbagai gejala di mana penambalan harus dilakukan. Berikut ini gejala kondisi gigi yang diperlukan untuk dilakukan tindakan perawatan tambal gigi :

  • Memiliki lubang pada gigi / gigi berlubang
  • Terdapat bintik-bintik hitam pada gigi
  • Makanan tersangkut di antara area tertentu pada gigi yang menyebabkan pembusukan gigi
  • Gigi yang terkelupas atau pecah
  • Sensitivitas terhadap makanan dan minuman panas dan dingin

Jika kamu memiliki salah satu gejala seperti yang disebutkan di atas, maka ada kemungkinan kamu perlu melakukan tambal gigi. Untuk informasi detail mengenai kondisi gigimu secara menyeluruh, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami & akan kami berikan FREE CONSULTATION spesial hanya untuk kamu, supaya kamu bisa menjaga kesehatan gigimu setiap saat.

Bagaimana Prosedur Perawatan Tambal Gigi?

Tambal Gigi biasanya diperlukan jika kondisi gigi kamu rusak. Hal ini dapat mencegah kerusakan yang lebih parah yang ditimbulkan dari gelaja yang timbul dan dapat melindungi kesehatan gigi kamu sehingga tindakan preventif tambal gigi diperlukan.

  • Langkah pertama dalam proses ini adalah untuk melihat seberapa parah gigi yang terinfeksi. Ini karena Penambalan Gigi hanya cocok untuk fraktur ringan dan pembusukan
  • Dokter gigi kemudian memeriksa kondisi gigi dan jika diperlukan dilakukan rontgen untuk mendapatkan informasi yang tepat
  • Tergantung pada tingkat kerusakan, anestesi lokal diberikan untuk membuat area di sekitar gigi yang terinfeksi mati rasa
  • Kemudian gigi yang rusak atau rusak atau area di sekitarnya disiapkan untuk restorasi
  • Jika gigi rusak, maka handpiece gigi atau laser dapat digunakan untuk menghilangkan bagian yang rusak
  • Penambalan kemudian diterapkan ke daerah untuk mengisi rongga. Jenis penambalan akan tergantung pada kasus per kasus dan orang ke orang
  • Akhirnya, gigi jadi bisa dipoles untuk menyimpulkan prosedur penambalan gigi

Jenis-Jenis Tambal Gigi

Tambalan Gigi terdiri dari berbagai jenis. Jenis tambal gigi yang akan digunakan tergantung pada kondisi pembusukan dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini berbagai jenis tambalan gigi yang tersedia di FDC Dental Clinic adalah sebagai berikut :

  • Tambal Gigi Logam

Jenis tambal gigi logam ini, Tambal Perak relatif lebih murah. Tapi tambal gigi emas meskipun mahal adalah pilihan yang lebih disukai. Karena mereka dapat menahan kekuatan mengunyah dan biasanya bertahan dari 10-15 tahun.

  • Tambal Gigi Komposit

Jenis tambal gigi komposit Ini memiliki warna yang sama dengan gigi kamu. Tambal Gigi Komposit ini lebih banyak disukai karena memiliki penampakan seperti warna gigi. Disarankan & cocok untuk gigi depan. Ikatan yang baik dengan struktur gigi. Ini juga digunakan untuk gigi yang terkelupas, namun, tidak bertahan lama dibandingkan dengan penambalan logam dan amalgam dan juga dapat hilang dengan waktu.

  • Tambal Gigi Porselain / Keramik

Tambal gigi porselain paling cocok jika kamu memiliki masalah estetika yang serius. Bahan porcelain Ini menutupi sebagian besar gigi, sebagai akibatnya, dapat digunakan jika pembusukannya cukup besar. Tambal gigi porcelain ini memiliki daya tahan lebih lama ini dan tidak mudah ternoda atau hilang.

Risiko Jika Gigi Berlubang Tidak Dilakukan Penambalan

Jika Kamu mengalami pembusukan pada gigi atau gigi kamu berlubang, maka sangat penting untuk melakukan Tambal gigi karena jika perawatan tidak dilakukan tepat waktu maka perlahan-lahan email (bagian luar gigi) mulai membusuk yang memperlihatkan dentin (bagian keras di bawah enamel).

Bakteri di mulut kamu akan bersentuhan dengan dentin, sehingga menyebabkan infeksi. Setelah infeksi dimulai, maka gigi kamu akan merasakan sensitivitas dan kemudian ingin mendapatkan Penambalan.

Tetapi jika kamu melewatkan bagian ini dan tidak mendapatkan perawatan yang dilakukan tepat waktu, maka infeksi akan mencapai saraf yang pada akhirnya akan merusak gigi dan kemudian orang perlu menjalani Perawatan Saluran Akar (PSA).

Kamu juga berisiko mengalami infeksi yang bepergian ke gigi yang berdekatan sehingga rentan mengalami pembusukan pada gigi.

Perawatan Setelah Tambal Gigi

  • Sebelum kamu mulai mengunyah, pastikan anestesi hilang
  • Jangan mengonsumsi sesuatu yang terlalu panas atau terlalu dingin jika efek anestesi masih menyala
  • Kamu mungkin merasakan sakit di sekitar daerah gusi, ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari
  • Hindari makanan yang keras atau lengket selama beberapa hari
  • Jika Kamu memiliki kebiasaan menggiling gigi, maka pastikan kamu menggunakan pelindung mulut untuk melindungi isinya
  • Jika kamu merasa kepekaan terlalu lama atau jika tambalan gigi kamu keluar, segera konsultasikan dengan dokter
  • Pertahankan rutinitas kebersihan mulut yang baik seperti membersihkan, rajin menyikat gigi minimal 1 hari 2 kali, obat kumur & flossing

Berapa Lama Tambalan Bertahan?

Usia Tambal Gigi tergantung pada bahan tambal yang digunakan. Ini juga tergantung pada seberapa baik kamu rutin melakukan pengecekan pada gigi kamu. Umur tambalan pada gigi bervariasi mulai dari 10 tahun hingga 20 tahun

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tambalan Rusak?

Segera konsultasikan dengan dokter gigi di FDC Dental Clinic.

Mengenal Perawatan Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan sebuah perawatan khusus yang dilakukan untuk mengatasi dan memperbaiki gigi berlubang atau rusak. Prosedurnya yaitu dengan memasukkan bahan khusus untuk tambalan ke gigi yang berlubang atau rusak. Apabila Anda melalui prosedur tambal gigi maka kondisi dan bentuk gigi Anda akan kembali seperti semula. Jadi, gigi pun dapat berfungsi secara normal sebagaimana mestinya.

Lalu apa jadinya jika gigi yang berlubang atau rusak tidak ditambal? Jika sudah mengetahui ada kerusakan atau lubang pada gigi dan tidak segera ditambal, maka kerusakan dan lubang tersebut akan semakin parah dan menyebabkan komplikasi. Jika kerusakannya terlalu parah, maka gigi sudah tidak bisa lagi ditambal, melainkan harus dicabut.

Untuk perawatan tambal gigi sendiri umumnya dilakukan satu kali kunjungan ke dokter gigi. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa terkadang tambal gigi bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri meskipun hal ini tidak dialami oleh setiap orang.

Tidak perlu khawatir, perawatan tambal gigi adalah perawatan yang aman serta tidak menyebabkan dampak buruk untuk gigi.

Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang imbauan bagi Anda setelah melakukan prosedur tambal. Biasanya dokter meminta Anda untuk tidak mengunyah menggunakan area gigi yang baru saja ditambal, sekitar 24 jam lamanya.

Jenis-Jenis Tambal Gigi Di Klinik Gigi

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan tambal gigi, bisa langsung kunjungi klinik tambal gigi terdekat sehingga bisa memperoleh perawatan sesuai kebutuhan. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis tambal gigi yang mana jenisnya ini dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan.

Biasanya pemilihan bahan untuk tambal gigi disesuaikan dengan bagaimana kondisi yang akan ditambal. Anda dapat memahami beberapa jenis tambal gigi secara umum yaitu sebagai berikut.

Amalgam

Jika Anda memiliki masalah gigi berlubang di area belakang, biasanya dentist akan menggunakan amalgam untuk melakukan tambal gigi. Mengapa demikian? Amal juga memiliki warna yang kurang menarik sehingga biasanya digunakan untuk menambal gigi area belakang.

Amalgam merupakan bahan tambang yang terdiri dari campuran jenis logam yang berwarna. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam amalgam yaitu merkuri, timah, perak, tembaga dan berbagai jenis logam lain.

Jika Anda menggunakan amalgam sebagai bahan tambal gigi, biasanya bahan ini dapat bertahan kisaran 10 sampai 15 tahun. Meskipun demikian, ada beberapa dokter yang saat ini tidak merekomendasikan amalgam sebagai bahan tambal karena memiliki kandungan merkuri yang membahayakan kesehatan.

Komposit resin

Komposit resin adalah bahan tambal gigi yang terdiri dari partikel kaca halus dan plastik. Untuk Anda yang melakukan proses penambalan gigi dengan bahan komposit resin, akan dilakukan menggunakan bantuan sinar cahaya biru.

Sinar biru ini berfungsi untuk mengeraskan bagian partikel komposit resin di gigi. Banyak dokter gigi yang menggunakan komposit resin sebagai bahan tambal gigi untuk pasiennya karena materialnya cukup kuat. Warna komposit resin juga menyatu dengan warna gigi yang asli sehingga tampak lebih natural.

Emas

Emas merupakan salah satu bahan tambal gigi yang cukup sering digunakan dalam prosedur perawatan tambal gigi di dentist. tambal gigi dengan emas bukan berarti menggunakan emas asli, melainkan memadukan partikel emas dengan logam lain.

Bahan tambal emas dapat bertahan cukup lama yaitu kisaran 10 sampai 15 tahun. Bahan emas ini memiliki keunggulan yaitu tidak menyebabkan korosi atau karat di area tambal yang membahayakan, sehingga aman digunakan. Jika dilihat dari penampilannya, emas juga memiliki nilai estetika sendiri untuk penggunanya.

Porselen

Bahan tambal gigi selanjutnya yang populer yaitu porselen. Banyak dokter gigi yang menggunakan bahan porselen karena mempunyai tampilan warna yang sangat mirip dengan warna gigi asli.

Tidak hanya itu, ternyata bahan porselen juga populer karena mempunyai ketahanan dan kekuatan yang cukup bagus. Dengan begitu, hasil tambal gigi menggunakan porselen bisa bertahan cukup lama hingga 7 tahun.

Beberapa material atau bahan tambal gigi tersebut penggunaannya juga harus sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya sebelum melakukan prosedur penambalan, Anda akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi terkait dengan beberapa hal, salah satunya yaitu bahan atau material yang digunakan untuk tambal gigi.

Pastinya dentist akan memberikan anjuran yang terbaik sesuai kebutuhan Anda. Oleh karena itu, pastikan telah berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur penambalan gigi.

Tambal Gigi Sementara

Umumnya, tambal gigi sementara dilakukan untuk mengatasi masalah gigi seperti meredakan rasa sakit karena gigi berlubang. Tambal gigi sementara juga sering digunakan untuk mencegah komplikasi pada gigi berlubang supaya tidak semakin luas.

Perlu diketahui bahwa tambal gigi sementara memakai material atau bahan tambal yang cenderung lebih lunak. Dalam kata lain, kualitas tambal gigi sementara tidak sebaik dengan tambal gigi permanen. Dengan begitu maka perlindungannya pun bersifat sementara.

Untuk Anda yang melakukan tambal gigi sementara biasanya akan mendapatkan jadwal kontrol rutin ke dokter gigi yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengecekan seberapa efektif tambal gigi sementara yang telah dilakukan.

Apabila tambal gigi sementara tidak sempurna, biasanya dentist akan melakukan evaluasi. Fungsinya yaitu untuk memutuskan apakah harus dilakukan penambalan ulang atau tidak. Selain itu, dentist juga dapat memutuskan apakah Anda harus mendapatkan perawatan lainnya atau tidak.

Pada intinya, bagi Anda yang mendapatkan perawatan tambalan gigi sementara, wajib melakukan konsultasi rutin dengan dokter gigi sehingga menghindari berbagai risiko kerusakan pada hasil tambal. Apalagi tambal gigi jenis ini sifatnya sementara sehingga harus selalu dipantau.

Tambal Gigi Permanen

Jika tambal gigi sementara memiliki ketahanan hanya beberapa pekan, tambal gigi permanen mempunyai ketahanan waktu yang lebih lama bahkan dalam hitungan tahun. Untuk Anda yang mengalami kerusakan gigi yang cukup parah, misalnya lubang pada gigi yang cukup besar dan menyebabkan rasa sakit, biasanya akan dianjurkan untuk melakukan tambal gigi permanen.

Bahan yang digunakan untuk melakukan prosedur tambal gigi permanen juga menggunakan bahan yang lebih keras dengan ketahanan yang lama. Tujuannya yaitu supaya selama penggunaannya, hasil tambal gigi tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan awet.

Selain itu, bahan tambalan gigi juga dapat disesuaikan warnanya dengan warna gigi alami. Dengan demikian maka orang lain tidak akan tahu bahwa Anda telah melakukan prosedur tambal gigi.

Prosedur pemasangan tambal gigi permanen umumnya dilakukan beberapa tahap oleh dentist. Pertama, proses pengecekan kondisi gigi, apakah dapat dipasang tambal gigi permanen secara langsung atau belum. Apabila dirasa belum, akan dilakukan prosedur lainnya seperti perawatan saluran akar gigi, melakukan pembersihan jaringan mati dan prosedur lainnya.

Jika kondisi Gigi sudah siap, dokter gigi akan melakukan eksekusi prosedur tambal gigi permanen. Seperti yang telah diketahui bahwa tombol gigi ini sifatnya jangka panjang sehingga Anda tidak harus melakukan konsultasi rutin, dengan catatan tidak terjadi masalah.

Anda perlu melakukan konsultasi di tempat tambal gigi terdekat dengan dentist untuk menentukan prosedur tambal gigi mana yang perlu dilakukan. Dokter gigi juga akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum menindaklanjuti.

Download Aplikasi FDC Dental Clinic

Chat Whatsapp
Tanya harga perawatan?
Hai Kak, aku tertarik untuk pasang behel gigi di FDC Dental Clinic (Sumber Info: Website)