fbpx

Apa yang harus dilakukan setelah scaling? Sama halnya dengan bleaching atau memutihkan gigi, pertanyaan ini sering muncul bahkan sebelum seseorang melakukan perawatan.

Perawatan scaling gigi atau biasa dikenal dengan perawatan pembersihan karang gigi, merupakan perawatan yang tidak melalui proses operasi. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin 6 bulan sekali di klinik gigi.

Scaling atau pembersihan karang gigi ini wajib kamu lakukan secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan gigi kamu. Karena plak yang tidak segera dibersihkan akan menimbulkan karang gigi.

Jika karang gigi sudah muncul, kamu akan sulit untuk membersihkan. Hanya dengan perawatan ini kamu bisa membasmi karang pada gigi. Terbentuknya karang gigi ini sangatlah cepat, sisa makanan yang tertinggal disela gigi.

Akan menjadi plak, yang jika lama tidak dibersihkan akan menjadi keras. Plak yang mengeras ini lah yang biasa disebut dengan karang gigi.

Karang gigi banyak mengandung bakteri yang jika kamu membiarkannya akan menyebabkan penyakit periodontitis, dan bahkan akan membuat gigi kamu membusuk yang menyebabkan gigi kamu tanggal.

Karang gigi ini merupakan awal dari terjadinya berbagai macam penyakit yang ditimbul dari rongga mulut. Selain periodontitis terdapat beberapa masalah yang akan timbul akibat dari bertumpuknya karang gigi ini.

Bakteri yang terkandung dalam karang gigi ini, merupakan sumber masalah yang besar. Yang dapat membuat kesehatan gigi kamu terganggu. Masalah gigi berlubang bersumber dari bakteri yang ada pada gigi kamu.

Hal ini akibat kamu malas untuk menjaga kesehatan gigi secara maksimal. Scaling gigi secara rutin merupakan perawatan tepat yang bisa kamu lakukan untuk membasmi penyakit yang ada di gigi.

Berikut ini adalah efek buruk dari bertumpuknya karang gigi yang tidak segera kamu bersihkan.

Efek Buruk Karang Gigi

Pengertian Scaling Gigi, Serta Hal yang Harus Dihindari Setelah Scaling

Menjadi sarang bakteri

Seperti yang sudah disebutkan diatas, karang gigi menjadi tempat tinggal paling nyaman untuk bakteri berkembang biak. Karang gigi yang berada digaris gusi, merupakan tempat paling banyak bakteri untuk berkembang.

Hal ini lah awal mula dari terjadinya penyakit peradangan pada gusi (gingivitis). Bakteri yang berada pada karang gigi akan masuk melalui garis gusi antara gigi, dan menyebabkan iritasi di gigi.

Penyebab penyakit jantung dan stroke

Mungkin banyak yang belum tau, kalau karang gigi yang dianggap remeh ini bisa menyebab kan penyakit berbahaya. Kenapa karang gigi bisa berakibat sangat fatal?

Karang gigi yang mengandung bakteri tadi lah yang menyebab kan penyakit jantung dan stroke ini muncul. Bakteri pada karang gigi sangatlah kecil, mereka bisa masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan peradangan.

Bakteri dapat menyebabkan peyumbatan di pembuluh darah akibat peradangan tadi. Jika aliran darah kamu sudah tersumbat, maka penyakit jantung dan juga stroke sangatlah mudah untuk menyerang.

Gigi mudah tanggal (copot)

Gigi memiliki beberapa jaringan yang dapat membuatnya berdiri kokoh diatas gusi. Walaupun begitu bisa saja hal ini tidak berlaku saat karang gigi pada gigi kamu tidak di scaling.

Jaringan pertahanan yang membuat gigi kokoh akan melemah akibat bakteri melepaskan zat pertahanan gigi. Hal ini jika terus berlanjut akan membuat gigi kamu mudah tanggal, dan juga membuat penipisan tulang tempat tertanamnya gigi.

Efek dari karang gigi ini memang sangatlah berbahaya jika kamu membiarkan begitu saja. Oleh sebab itu perawatan scaling gigi merupakan hal yang tepat, agar kamu terhindar dari berbagai masalah gigi. 

Membersihkan Karang Gigi dengan Scaling Gigi

Karang gigi yang sudah timbul tidak akan bisa kamu bersihkan hanya dengan menggosok gigi saja. Bahkan obat kumur dan dental flossing pun tidak akan mampu membuat karang gigi lenyap dari gigi. Cara yang paling tepat dan terbukti ampuh untuk membasmi karang gigi.

Melakukan scaling gigi juga bermanfaat untuk mengurangi asam dan juga enzim berlebih hasil produksi bakteri. Dan juga dapat mencegah kerusakan pada gigi kamu secara maksimal sejak dini.

Prosedur Scaling Gigi

Pengertian Scaling Gigi, Serta Hal yang Harus Dihindari Setelah Scaling

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, perawatan scaling ini tidak melalui tahapan operasi. Ada beberapa tahapan yang perlu dilewati untuk melakukan perawatan ini, sampai karang gigi tuntas di singkirkan dari gigi kamu.

  • Tahap pertama adalah kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa keadaan gigi kamu, dan akan menjelaskan perawatan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalah pada gigi kamu tersebut.
  • Setelah konsultasi selesai, dokter akan langsung melakukan pembersihan karang gigi. Dokter akan menggunakan alat yang bernama scaler untuk membersihkan karang gigi. Alat ini akan dengan mudah menghancurkan karang gigi secara maksimal.
  • Dalam proses pembersihan ini, kamu akan sering melakukan kumur agar karang gigi yang sudah rontok terbuang saat kamu membuang air kumur.
  • Langkah terakhir dari proses scaling gigi ini adalah pemolesan bagian permukaan gigi kamu dengan alat poles yang lembut. Hal ini bertujuan untuk membuat gigi kamu lebih terlihat bersih setelah dilakukan perawatan pembersihan karang gigi.

Setelah Scaling Gigi

Walaupun tidak melalui proses operasi, namun kamu harus memperhatikan beberapa hal ini. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari setelah melakukan perawatan scaling ini.

Berikut hal yang harus kamu hindari untuk tetap menjaga kesehatan gigi setelah perawatan scaling kamu lakukan di klinik gigi.

Hindari makanan dan minuman yang panas

Setelah kamu melakukan perawatan ini, ada baiknya tidak langsung mengonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu panas secara langsung. Ada baiknya kamu menunggunya sampai benar-benar dingin terlebih dahulu.

Hal ini karena gigi yang setelah melakukan perawatan akan sedikit lebih sensitif dari biasanya. Hal ini akan cepat pulih kembali, nanti gigi akan meremineralisasi secara bertahap sampai benar-benar pulih kembali.

Hindari makanan maupun minuman manis

Setelah kamu melakukan perawatan pembersihan karang gigi, ada baiknya kamu menghindari untuk mengonsumsi yang manis-manis secara berlebihan.

Cara ini dilakukan supaya kamu terhindar dari bakteri pada rongga mulut yang akan kembali berkembang biak kembali. Kalau memang ingin mengonsumsi janganlah terlalu berlebihan, harus ada takaran yang pas saat mengonsumsinya.

Merokok

Menghindari rokok saat kamu selesai perawatan bertujuan untuk melancarkan proses pembersihan pemulihan gigi setelah perawatan. Rokok juga bisa meningkatkan risiko gigi terserang berbagai infeksi karena perkembangbiakan bakteri.

Mengonsumsi makanan yang keras

Makanan yang keras akan berdampak pada rasa ngilu pada gigi kamu. Gigi yang sensitif setelah melakukan perawatan pembersihan gigi, dapat menciptakan rasa yang tidak nyaman saat kamu mengunyah makanan yang bertekstur keras.

Baca juga: Perawatan gigi yang perlu dilakukan rutin

Itulah tadi sekilas tentang perawtan scaling gigi dan juga apa saja yang tidak boleh kamu lakukan setelah melakukan perawatan ini.

Perawatan ini tidaklah melalui proses yang rumit, seperti operasi jadi kamu tidaklah perlu khawatir untuk melakukannya secara rutin di FDC Dental Clinic setiap 6 bulan sekali.