Lokasi

24 Cabang Klinik

Klinik Scaling Gigi Jakarta Terdekat

Scaling Gigi Menghilangkan Bau Mulut dan Karang Gigi Tanpa Sisa!

PEMBERSIHAN KARANG GIGI FDC

Scaling Tanpa Aplikasi

Pembersihan karang gigi tidak reservasi via FDC Apps.

Rp400rb

Program Scaling

Pembersihan karang gigi dari harga normal 400rb, khusus reservasi via FDC Apps.

Rp99rb

Scaling Tanpa Aplikasi

Pembersihan karang gigi tidak reservasi via FDC Apps.

Rp400rb

Apa Itu Scaling Gigi?

Pembersihan karang gigi atau lebih dikenal dengan istilah scaling merupakan perawatan gigi menggunakan alat ultrasonic scaler.

Perawatan ini umum dilakukan karena karang gigi tidak mudah dibersihkan meski sudah menggosok gigi setiap hari.

Scaling gigi merupakan salah satu perawatan gigi untuk mengatasi karang gigi yang sudah mengeras. Tindakan scaling ini dapat membersihkan karang gigi yang menumpuk dengan lebih bersih. Bagaimana prosedur scaling dan apa manfaatnya? Berikut ulasan lebih lengkapnya mengenai scaling gigi.

Di klinik dokter gigi, scaling adalah prosedur untuk membersihkan karang gigi. Karang pada gigi terbentuk dari plak yang menumpuk pada permukaan gigi. Plak adalah lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang terbentuk oleh sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan bercampur dengan bakteri yang ada di mulut.

Plak yang dibiarkan dapat mengeras dan membentuk karang gigi atau tartar akibat bercampur dengan air liur. Karang gigi dapat menjadi sarang jutaan bakteri yang menyebabkan masalah gigi seperti kerusakan jaringan gigi, periodontitis, hingga gigi copot.

Selain itu, karang gigi yang menumpuk juga dapat membuat penampilan gigi menjadi tampak kusam dan kecokelatan. Karang gigi yang sudah mengeras akan sulit dibersihkan hanya dengan menggosok gigi sehingga diperlukan scaling gigi Jakarta.

Prosedur scaling biasanya menyebabkan gusi berdarah dan bengkak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut wajar saat gigi dan gusi menyesuaikan diri dengan proses scaling.

Karang gigi dapat muncul pada setiap orang tanpa disadari karena proses pembentukannya yang tidak menimbulkan gejala. Ada beberapa orang yang lebih rentan terhadap pembentukan karang gigi seperti perokok aktif, orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, serta orang-orang yang sering mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh.

Manfaat Pembersihan Karang Gigi

  • Membersihkan sisa makanan yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi
  • Membersihkan gigi bagian belakang yang sulit terjangkau oleh sikat gigi
  • Membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi
  • Mengurangi asam dan enzim berlebih yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan
  • Mengurangi risiko perdarahan atau pembengkakan jaringan akibat dari respons imun tubuh terhadap bakteri pada plak.
  • Mencegah penyakit periodontitis
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi

Fungsi Scaling Gigi

Fungsi utama dari tindakan scaling adalah membersihkan karang gigi yang telah mengeras dan tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Selain membersihkan karang gigi, scaling juga memiliki manfaat lain seperti berikut.

  1. Mengatasi bau mulut

Karang yang menumpuk dapat menjadi sarang bakteri dan menyebabkan bau mulut jika dibiarkan. Masalah bau mulut tentu mengganggu dan bisa mengurangi rasa percaya diri ketika harus berbicara dengan orang lain secara dekat. Scaling gigi dapat mengatasi masalah bau mulut akibat karang gigi.

  1. Mencegah risiko gigi copot

Selain menyebabkan bau mulut, karang pada gigi juga menjadi sarang bakteri tumbuh yang akan merusak jaringan pada gigi. Jika dibiarkan, lama kelamaan gigi bisa copot atau tanggal. Prosedur scaling untuk membersihkan karang gigi yang dilakukan secara rutin akan membantu Anda terhindar dari risiko gigi copot tersebut.

  1. Menjaga kesehatan gusi

Permasalahan karang gigi dapat memicu gusi mengalami peradangan. Jika dibiarkan, radang gusi dapat semakin parah dan rasa sakit atau tidak nyaman. Tindakan scaling bermanfaat untuk mencegah terjadinya radang gusi dan kerusakan jaringan gigi akibat plak yang sudah tebal atau mengeras.

  1. Mengembalikan warna gigi lebih cerah

Karang gigi merupakan salah satu penyebab tampilan gigi berubah menjadi kuning. Proses scaling akan membersihkan karang gigi sehingga warna gigi terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

  1. Mencegah risiko penyakit lain

Kesehatan dan kebersihan mulut memang sangat penting untuk diperhatikan karena bisa berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya. Membersihkan gigi dari karang gigi secara rutin dengan prosedur scaling dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit lain seperti diabetes, kanker, demensia, hingga penyakit jantung.

  1. Memelihara kesehatan gigi dan jaringan gigi

Scaling yang dilakukan secara rutin dapat menjadi perawatan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan jaringan gigi. Pembersihan karang gigi akan menghindarkan Anda dari kerusakan jaringan akibat bakteri yang tumbuh di plak gigi.

  1. Mengurangi asam dan enzim berlebih

Tindakan scaling juga bermanfaat untuk mengurangi asam dan enzim berlebih yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Hal ini dapat mencegah risiko kerusakan jaringan gigi dan permasalahan kesehatan gigi lainnya.

Alat Scaling Gigi

Alat yang digunakan untuk membersihkan karang gigi atau scaling terdiri dari dua jenis, alat pengikis manual dan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik. Dokter gigi akan menggunakan kedua alat tersebut pada proses scaling.

Sebelum membersihkan karang gigi, biasanya dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi dan mulut pasien. Pemeriksaan diperlukan untuk menentukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi masing-masing pasien scaling.

Prosedur Scaling Gigi

Tindakan scaling atau membersihkan karang gigi dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasien. Pada umumnya prosedur scaling meliputi beberapa tindakan seperti berikut.

  1. Anestesi lokal

Pemberian anestesi lokal ini tentu diperlukan untuk mengurangi rasa sakit akibat proses scaling. Anestesi lokal akan membuat Anda tidak merasa perih selama proses scaling tetapi dengan kondisi tetap terjaga atau sadar.

Tidak semua orang membutuhkan anestesi lokal. Beberapa pasien mungkin tidak perlu karena terkadang rasa sakit tidak muncul setelah perawatan berikutnya.

  1. Scaling gigi

Langkah berikutnya setelah pemberian anestesi lokal adalah tindakan scaling. Alat scaling yang digunakan oleh klinik scaling gigi terdekat ada dua, yaitu alat pengikis ultrasonik dan manual.

Pada scaling pertama, dokter gigi akan menggunakan alat pengikis dengan ultrasonik. Setelah cukup bersih, dokter kemudian melanjutkan pembersihan karang gigi dengan alat pengikis manual.

Terdapat bagian runcing pada ujung alat pengikis manual yang digunakan untuk membersihkan karang gigi. Alat ini dibutuhkan untuk membersihkan karang gigi di bagian-bagian yang tidak bisa dijangkau dengan alat pengikis ultrasonik.

  1. Root planing

Jika proses scaling sudah selesai, langkah berikutnya adalah root planing. Tujuannya yaitu menghaluskan permukaan gigi yang kasar setelah scaling. Selain itu, pada tahap ini juga berfungsi untuk melekatkan kembali gusi pada gigi.

  1. Finishing

Pada tahap terakhir, biasanya dokter gigi akan meminta pasien untuk melakukan kumur beberapa kali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bakteri dan sisa-sia karang gigi setelah scaling.

Waktu yang Dianjurkan untuk Melakukan Scaling

Kapan kita perlu melakukan scaling? Dianjurkan untuk segera melakukan scaling bagi Anda yang memiliki masalah dengan karang gigi. Tindakan scaling akan mengangkat karang gigi yang sudah mengeras hingga bersih.

Dianjurkan untuk melakukan perawatan scaling secara rutin agar dapat membersihkan karang gigi yang tidak bisa dihilangkan dengan sikat gigi biasa. Tidak hanya membersihkan karang gigi, scaling perlu dilakukan untuk mencegah permasalahan kesehatan yang lebih serius terutama pada gigi dan mulut.

Scaling juga dianjurkan dilakukan bagi Anda yang sedang mengalami masalah radang gusi. Beberapa radang gusi terjadi akibat permasalahan gigi.

Dokter gigi dapat melakukan tindakan scaling untuk mengatasi masalah kesehatan terebut. Jika sudah dilakukan scaling ternyata sakit gusi tidak kunjung sembuh, biasanya dokter akan melakukan tindakan lanjutan seperti operasi gusi.

Prosedur pembersihan karang gigi tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah dengan karang gigi. Scaling dapat membersihkan dan mengangkat karang gigi hingga bersih. Oleh sebab itu, rutin pasang scaling gigi terdekat untuk mencegah menumpuknya karang pada gigi.

Download Aplikasi FDC Dental Clinic

Chat Whatsapp
Tanya harga perawatan?
Hai Kak, aku tertarik untuk pasang behel gigi di FDC Dental Clinic (Sumber Info: Website)