Lokasi

24 Cabang Klinik

Klik Perawatan Saluran Akar (PSA) Jakarta Terdekat

Perawatan Saluran Akar (PSA)

Perawatan Saluran Akar (PSA) bertujuan agar gigi tetap dapat bertahan. Di soketnya kembali dan dapat berfungsi dengan baik secara fungsional dan estetik.

Tujuan Perawatan

Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mengawetkan gigi yang telah membusuk. Perawatan akar gigi ini dilakukan agar kamu tidak bolak-balik untuk mencabut gigi ketika gigi membusuk.

Manfaat Perawatan Saluran Akar (PSA)

  • Mengembalikan fungsi pengunyahan pada gigimu, setelah melakukan perawatan tersebut gigi akan kembali sebagaimana fungsinya lagi.
  • Bisa menyelamatkan gigi lain dari kerusakan, Perawatan ini juga akan menghindari masalah yang akan menyelamatkan gigi kamu yang lain agar tidak terkena penyakit juga.
  • Menghilangkan rasa sakit yang sering kambuh, kamu akan merasakan sakit yang sangat terasa jika saluran akar gigi kamu bermasalah. perawatan ini bertujuan agar rasa sakit itu hilang dan tak datang kembali.

Kasus Gigi yang Ditangani dengan Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar ini perlu dilakukan jika kondisi gigi terasa longgar, serta nyeri pada saat makan atau minum air panas dan dingin. Dan juga gigi yang terasa ngilu pada saat menggigit makanan perlu dilakukan perawatan ini.

Biaya Perawatan Saluran Akar

Untuk melakukan perawatan ini biaya yang diperlukan dari setiap kasusnya berbeda-beda. Semua bergantung dari seberapa sulitnya penanganannya nanti, dan juga apakah perlu dilakukan tindakan lain selain PSA.

Mungkin banyak yang sudah mengetahui apa itu perawatan saluran akar gigi atau sering disebut dengan endodontik. Bagi Anda yang memiliki masalah di bagian akar gigi maka perlu mendapatkan perawatan dari dentist atau dokter gigi sehingga saluran akar gigi dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa melakukan perawatan saluran akar Jakarta untuk mengatasi masalah gigi Anda.

Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi?

Mungkin bagi orang awam yang belum pernah pergi ke dentist atau melakukan perawatan saluran akar gigi, akan bertanya-tanya tentang hal ini. Pada dasarnya, perawatan saluran akar gigi adalah perawatan khusus untuk menangani masalah kerusakan yang terjadi di bagian saluran akar gigi.

Umumnya, perawatan endodontik dilakukan untuk memperbaiki kerusakan gigi yang parah atau terkena infeksi. Namun tidak pernah khawatir, untuk perawatan saluran akar gigi ini tidak perlu melakukan prosedur pencabutan gigi, sehingga gigi tetap dapat digunakan untuk menggigit dan mengunyah makanan.

Bagi sebagian orang, melakukan perawatan endodontik terdengar cukup mengerikan, karena yang akan terbayang adalah rasa sakit dan ngilu di area gigi. Namun tidak perlu khawatir, justru dengan melakukan perawatan ini dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit karena peradangan atau infeksi yang terjadi di saluran gigi.

Proses perawatan gigi yang dilakukan langsung oleh dentist tidak akan membuat nyeri atau sakit yang berlebih karena dentist akan melakukan tahapan sesuai prosedur kesehatan. Anda akan merasa nyaman saat proses perawatan saluran akar gigi karena akan diberi bius lokal sehingga tidak akan merasakan nyeri sedikit pun.

Hanya saja, untuk beberapa hari setelah proses perawatan, Ada kemungkinan di area gigi menjadi lebih sensitif untuk sementara waktu. Dokter akan memberikan obat untuk meredakan nyeri yang diminum selama proses pemulihan sehingga dapat meredakan rasa sakit setelah proses perawatan.

Bagaimana Kondisi yang Membutuhkan Proses Perawatan Endodontik?

Gigi memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, salah satunya adalah bagian saluran akar. Saluran akar merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan bagian rongga alami yang berada di area tengah gigi, berisi pulpa.

Bentuk saluran tersebut yakni memanjang dari bagian mahkota gigi hingga ke bagian ujung akar. Sedangkan pulpa adalah bagian lunak yang berada di dalam gigi yang isinya saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat.

Secara umum proses perawatan pada saluran akar gigi dilakukan oleh seseorang untuk mengatasi rasa nyeri karena infeksi atau peradangan di pulpa. Kasus yang sering terjadi yaitu karena cedera di bagian gigi atau karena gigi berlubang.

Bagi Anda yang memiliki masalah gigi berlubang dapat melakukan proses perawatan ini di klinik perawatan saluran akar terdekat sehingga dapat mengetahui apakah membutuhkan proses perawatan saluran akar gigi atau tidak.

Tanda-Tanda Adanya Infeksi di Saluran Akar Gigi

Apabila gigi Anda telah menunjukkan beberapa gejala berikut ini maka hal tersebut menandakan terdapat infeksi dan peradangan di pulpa.

1.     Gigi Sensitif

Salah satu gejala terjadinya infeksi pada saluran akar gigi yaitu rasa sakit dan ngilu pada gigi ketika terkena makanan dan minuman, terutama yang terlalu panas atau dingin. Dalam kata lain, gigi Anda menjadi lebih sensitif terhadap panas dan dingin, bahkan tidak dapat toleransi terhadap makanan atau minuman yang panas dan dingin sama sekali.

2.     Gigi Sakit Ketika Mengunyah

Selain itu, tanda-tanda infeksi pada saluran akar gigi yaitu gigi akan merasakan sakit ketika mengunyah makanan. Bahkan tidak hanya saat mengunyah ketika menggigit makanan pun gigi akan merasakan ngilu yang tidak biasa. Apalagi jika makanan yang dikunyah merupakan makanan dengan tekstur keras, apabila gigi Anda merasakan sakit, artinya ada peradangan pada saluran akar gigi Anda.

3.     Gigi Goyang

Untuk usia anak-anak, gigi goyang merupakan hal yang wajar dan pasti dialami karena merupakan fase untuk mengganti gigi susu menjadi gigi tetap. Namun ketika gigi tetap Anda goyang tanpa tahu apa penyebabnya, cobalah untuk cek ke dentist, karena kemungkinan ada kesalahan pada saluran akar gigi. Bahkan gigi yang terasa longgar menjadi salah satu tanda infeksi di pulpa.

4.     Gigi Sakit Sewaktu-Waktu

Pernahkah Anda mengalami sakit gigi secara tiba-tiba padahal sedang tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun? Perlu diketahui bahwa rasa sakit pada gigi karena minuman atau makanan ternyata dapat berlanjut meskipun sedang tidak mengkonsumsinya.

Jadi, rasa sakit di gigi ini dapat terjadi sewaktu-waktu, dan biasanya diikuti dengan gejala sakit kepala, terutama ketika malam hari.

Apabila Anda memiliki beberapa gejala tersebut, ada kemungkinan terjadi infeksi pada pulpa atau peradangan di saluran akar gigi yang menyebabkan Anda membutuhkan perawatan khusus untuk saluran akar gigi. Namun demikian, disarankan untuk tidak melakukan self diagnosis sehingga harus pergi ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih parah misalnya penyebaran infeksi atau abses gigi sampai ke tulang rahang atau bahkan jaringan lunak yang ada di area leher dan wajah.

Tahapan Prosedur Perawatan Saluran Akar

Anda dapat melakukan perawatan saluran akar terdekat untuk mendapatkan penanganan langsung dari dokter gigi. Pada proses perawatan saluran akar gigi ada tiga tahapan yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.

·       Pra Perawatan

Pertama-tama, dokter gigi akan memeriksa gigi melalui foto rontgen gigi secara langsung. Tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi pulpa dan seberapa besar peradangan atau infeksi pada gigi.

·       Proses Perawatan

Setelah itu, ada beberapa tahapan untuk melakukan proses perawatan saluran agar gigi.

  • Memberi bius lokal supaya gigi Anda tidak merasa sakit selama proses penindakan
  • Memasang pelindung karet (dental dam/rubber) di bagian atas gigi yang akan dilakukan perawatan sehingga gigi terhindar dari kontaminasi dan air liur.
  • Membuat lubang di atas gigi yang sakit untuk dapat menjangkau bagian saluran akar.
  • Membersihkan bagian saluran akar gigi dan jaringan di sekitarnya yang terinfeksi, kemudian dibersihkan dengan larutan khusus dan alat bantu yang kecil.
  • Menutup bagian lubang menggunakan tambalan sementara.

·       Pasca Perawatan

Setelah proses perawatan selesai, kemudian ada juga tahap pasca perawatan. Dokter gigi akan memeriksa kembali dalam satu pekan untuk memastikan tidak ada infeksi yang terjadi pada gigi. Selain itu, dokter juga memberikan obat untuk menangani infeksi yang terjadi.

Apabila tidak ada infeksi, maka dilanjutkan dengan pemasangan crown gigi atau tambal gigi permanen. Setelah itu, dokter akan memberikan obat tertentu untuk mengurangi rasa nyeri setelah perawatan saluran akar. Namun seiring berjalannya waktu, gigi akan kembali normal seperti semula.

Perawatan saluran akar gigi ini memberikan banyak sekali manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan gigi. Apabila terdapat gejala infeksi pada pulpa, segera pergi ke dokter gigi untuk melakukan konsultasi dan pengecekan.

Penanganan sedini mungkin pada gigi yang nyeri atau sakit, dapat mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah. Setelah melakukan perawatan, tetaplah menjaga kesehatan gigi dan rutin melakukan pengecekan gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Download Aplikasi FDC Dental Clinic

Chat Whatsapp
Tanya harga perawatan?
Hai Kak, aku tertarik untuk pasang behel gigi di FDC Dental Clinic (Sumber Info: Website)