fbpx

Gigi palsu atau bisa juga disebut gigi tiruan adalah gigi yang dibuat sesuai dengan bentuk gigi serta gusi yang asli. Ada dua jenis gigi palsu yaitu, gigi palsu yang bisa dilepas pasang, dan ada juga gigi palsu yang permanen.

Bahan dasar dari gigi palsu terbuat dari logam atau plastik. Sama seperti gigi asli, gigi palsu juga perlu dirawat tentunya. Pemakaian gigi palsu juga bertujuan untuk kesehatan tentunya, bukan hanya kesehatan gigi palsu juga bisa menunjang penampilan kamu.

Gigi yang tanggal akan digantikan dengan gigi palsu yang bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri lagi.

Pentingnya Menggunakan Gigi Palsu

Tips-Perawatan-Gigi-Palsu-yang-Perlu-Kamu-Ketahui
Gigi Palsu

Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah makanan yang setiap hari kamu konsumsi. Makanan akan dihaluskan oleh gigi sebelum masuk ke organ pencernaan lainnya.

Jika proses pengunyahan makanan sudah terganggu, maka akan dipastikan proses pencernaan lainnya juga akan mengalami gangguan. Gigi palsu bisa bertahan lama sekitar 5 sampai 7 tahun, hal ini akan terjadi apabila kamu merawatnya dengan baik.

Gigi palsu paling sering digunakan oleh mereka yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan kamu yang masih berusia muda menggunakan gigi palsu.

Baca juga: Penyebab gigi rusak

Perawatan Gigi Palsu

Tips-Perawatan-Gigi-Palsu-yang-Perlu-Kamu-Ketahui
Tips Perawatan Gigi Palsu

1. Rutin kontrol ke klinik gigi

Hal yang harus diperhatikan adalah rutin dalam mengontrol perkembangan gigi palsu ke klinik gigi. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika ada masalah seperti gusi bengkak ataupun gusi berdarah dokter akan menyarankan untuk penghentian pemakaian gigi palsu untuk sementara waktu.

Jika keadaan gusi yang bermasalah sudah normal kembali, maka dokter akan melanjutkan pemakaian gigi palsu. Rutin kontrol ke klinik gigi bisa kamu lakukan setiap 1 bulan sekali. Gigi palsu akan bertahan 5 sampai 7 tahun dengan keadaan terawat tentunya.

2. Gunakan alat pembersih

Gigi terbuat dari bahan yang memiliki pori-pori, jika sisa makanan tidak segera dibersihkan akan mengakibatkan menempelnya sisa makanan. Sisa makanan bisa menimbulkan berkembang biaknya bakteri pada gigi, yang bisa menimbulkan plak.

Kalau plak pada gigi sudah lama akan menimbulkan karang gigi. Gak mau kan perawatan gigi palsu malah jadi masalah baru? Maka dari itu kamu perlu minta saran dokter gigi, gunakan alat pembersih yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

3. Pasta gigi yang sesuai

Tidak semua pasta gigi yang ada dipasaran cocok untuk pengguna gigi palsu. Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan anjuran dokter. Kebanyakan pasta gigi adalah diperuntukan untuk gigi asli, jika salah memakai pasta gigi akan mengakibatkan gigi palsu menjadi tipis dan akan rusak nantinya.

4. Gunakan sikat gigi yang pas

Selain pasta gigi, kamu juga harus perhatikan pemakaian sikat giginya. Gunakan yang memiliki bulu sikat halus serta lembut. Gigi palsu juga bisa baret kalau terkena sikat yang kasar. Sikat yang lembut akan membuat gigi palsu bertahan lebih lama, dan juga membuatnya tetap cantik.

5. Melepas dan merendamnya

Melepas gigi palsu bertujuan untuk membuat rongga mulut serta gusi bernapas bebas. Maksudnya biarkan rongga mulut lega dalam beberapa jam, hal ini akan mengurangi kuman untuk berkembangbiak pada gigi palsu lepasan.

Merendam gigi palsu harus menggunakan cairan khusus, ataupun juga bisa menggunakan air hangat biasa. Rendam gigi palsu jika tidak digunakan, waktu yang tepat untuk merendam gigi adalah malam saat ingin tidur.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!