Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Perawat Gigi Anak

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Perawat Gigi Anak

Tips perawatan gigi anak-Anak-anak haruslah diperhatikan untuk kesehatan giginya. Karena mereka sangatlah suka untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman yang manis.

Gigi susu pada anak sangatlah penting untuk dirawat. Karena perkembangan gigi susu anak sangat penting untuk perkembangan mereka sampai usia dewasa.

Perkembangan gigi pada anak dimulai dari proses tumbuh gigi susu. Proses tumbuh gigi atau teething ini secara spesifik dikenali sebagai proses dimana gigi susu bayi mulai muncul dan keluar dari gusi anak.

Proses tumbuhnya gigi susu ini akan berlanhsung secara bertahap, tidak langsung tumbuh secara sekaligus. Gigi susu anak akan tumbuh secara lengkap pada usia 2 hingga 4 tahun. Gigi susu anak akan berjumlah sebanyak 20 buah.

Gigi susu akan berfungsi sama dengan gigi dewasa, gigi susu ini akan tergantikan oleh gigi dewasa secara keseluruhan.

Proses pergantian gigi susu ke gigi dewasa akan berlangsung sampai usia 12 tahun. Walaupun masih gigi susu, masalah kesehatan gigi pada anak juga sangatlah rentan terjadi.

Baca juga: Cara ini ampuh rapikan gigi berantakan

Kesehatan gigi susu si kecil dapat bermasalah karena kurangnya perhatian dari orang tua. Oleh sebab itu kontrol orang tua sangatlah penting untuk terus mengajari si anak untuk terus merawat kesehatan gigi.

Pencegahan dan juga perawatan yang baik sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi susu si anak.

Tips Perawatan Gigi Anak

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Perawat Gigi Anak

Gosok gigi

Perawatan yang pertama bisa dilakukan adalah gosok gigi, tidak hanya gigi dewasa saja. Gigi susu juga sangat penting untuk dirawat dengan menggosok gigi. Kenalkan mereka bagaimana caranya menggosok gigi dengan baik dan benar.

Gunakanlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus, supaya mereka meras nyaman ketika menggosok gigi. Selain itu gunakanlah pasta gigi yang memiliki rasa buah-buahan yang mereka suka.

Ajak mereka menyikat gigi dengan cara yang menyenangkan, supaya mereka ingin melakukannya. Lakukan kegiatan sikat gigi ini sebanyak dua kali sehari.

Periksa rutin ke klinik gigi

Selain menyikat gigi secara rutin, anak-anak juga harus sudah diajari untuk memeriksakan gigi ke klinik gigi. Lakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali ke klinik gigi, supaya kondisi kesehatan gigi terjaga.

Ajak anak ke klinik gigi sejak ia usia 1 tahun, hal ini bertujuan agar mereka tidak takuk dengan dokter gigi ketika dewasa.

Hindari makanan perusak gigi

Biasanya anak-anak akan sangat senang sekali untuk mengonsumsi makanan yang manis. Tidak hanya anak-anak saja yang menyukai makanan manis.

Sebaiknya orang tua harus mengajarinya untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk sesekali boleh memberinya makanan yang manis untuk menyenangkannya.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Chat Whatsapp
Tanya harga perawatan?
Hai Kak, aku tertarik untuk pasang behel gigi di FDC Dental Clinic (Sumber Info: Website)