fbpx
Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang penting. Sikat gigi saja sebenarnya tidak cukup untuk menyikat sela sela gigi, bahkan pengguna behel sangat memerlukan benang gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Benang gigi ini biasa dikenal dengan Dental Floss. Membersihkan sela sela gigi dengan benang gigi bisa dikatakan sulit dilakukan, terlebih ketika anda mengenakan behel.
Membersihkan gigi saat anda sedang menggunakan behel ini hukumnya sangat wajib. FDC Dental Clinic

Risiko menumpuknya plak dan kotoran akan lebih mudah terjadi saat menggunakan behel daripada tidak.Plak yang terbentuk di dalam mulut, mampu menghasilkan asam yang membuat gigi mudah terkikis, berlubang, dan membuat gusi meradang. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidak terbiasa menggunakan benang gigi, cenderung sering mengalami peradangan mulut dari pada orang yang rutin membersihkan giginya dengan benang.

Cara menggunakan benang gigi

Teknik flossing sangat penting untuk membersihkan makanan dan plak di antara gigi. Setiap hari, sebaiknya bersihkan gigi selama 10-15 menit, dari gosok gigi dan juga ditambah dengan penggunaan benang gigi.

  • Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan sebagian besar kedua ujung benang pada kedua jari tengah anda
  • Pegang erat sisa benang gigi dengan ibu jari dan jari telunjuk
  • Selipkan secara perlahan-lahan benang gigi pada sela-sela gigi
  • Gesekkan benang gigi dengan membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi
  • Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain

Membersihkan gigi dengan benang gigi diperbolehkan setiap hari, guna mencegah penumpukan plak di mulut. Selain itu, jangan sampai gusi anda berdarah saat melakukan benang gigi, jika berdarah itu artinya gerakan anda terlalu keras.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC ^_^.

Sumber Referensi :

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/pentingnya-benang-gigi/
  2. https://www.alodokter.com/cara-dan-manfaat-membersihkan-gigi-dengan-benang-gigi