fbpx

Behel gigi terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Behel gigi atau kawat gigi belakangan ini sedang tren dikalangan anak muda.

Mereka menggunakan behel gigi untuk fashion pastinya. Namun jauh dari itu manfaat yang akan kamu dapat jika memasang behel gigi, dengan catatan kamu memasangya di klinik gigi yang sudah terpercaya serta memiliki dokter gigi yang memang benar benar ahli dalam bidangnya.

Jika kamu memasang behel ditempat yang sembarang, bukannya manfaat yang kamu dapat namun resiko yang besar jika pemasangan behel dipasang secara asal-asalan.

Manfaat utama dari behel gigi adalah untuk meratakan posisi gigi yang berantakan. Gigi akan ditarik supaya membentuk gigi yang sempurna. Gak cuma itu aja kamu akan dapat banyak manfaatnya, penasaran? Yuk cari tauu.

Manfaat Pasang Behel Gigi

Sebelum Salah Pilih, Kenali Dulu Macam Macam Behel Gigi
Manfaat Behel Gigi

1. Merapikan gigi

Manfaat behel paling utama adalah merapikan gigi, untuk kamu yang giginya berantakan renggang ataupun bertumpuk. Pasang behel adalah solusi utamanya, behel akan menarik secara perlahan-perlahan gigi kamu supaya membentuk posisi yang proposional.

2. Mengembalikan fungsi gigi

Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah, jika gigi kamu rapi maka proses pengunyahan akan semakin mudah bukan. Kamu juga gak akan kesulitan lagi jika mengunyah berkat gigi yang sempurna.

3. Menghindari penumpukan plak

Susunan gigi yang tidak rata akan menyebabkan penumpukan plak, hal ini dikarenakan proses pembersihan gigi yang tidak sempurna. Sisa makanan yang tersisa akan menyebabkan timbulnya plak.

Plak pada gigi jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan munculnya karang gigi yang berpotensi membuat penyakit gigi dan gusi. Maka dari itu kamu harus pasang behel gigi untuk menghindari terjadinya penumpukan plak pada gigi.

4. Percaya diri meningkat

Nah ini hal yang sekarang lagi tren, pasang behel supaya lebih percaya diri. Kamu pasti bakalan lebih percaya diri lagi berkat gigi yang tersusun sempurna. Senyum semakin maksimal gak malu-malu lagi pastinya.

Itulah manfaat dari pasang behel gigi, gimana tertarik pasang behel gigi? Kalau kamu tertarik atau memang sudah ada rencana untuk pasang behel gigi. Maka kamu wajib tau dulu macam-macam behel gigi, supaya kamu gak salah pilih dan gak menyesal nantinya.

Macam Jenis Behel Gigi

Sebelum Salah Pilih, Kenali Dulu Macam Macam Behel Gigi
Behel Gigi

1. Behel damon

Ini merupakan behel yang paling modern dalam proses pemasangannya, pemasangan behel damon tidak terlalu sakit beda dengan behel-behel lainnya, hal ini dikarenakan behel damon tidak menggunakan karet elastis, dan terdapat juga behel damon yang transparan.

Behel damon juga dikenal dengan self ligating braces, jika kamu memakai behel ini kamu juga tidak diharuskan untuk sering sering ke dokter gigi untuk kontrol. Itu karena behel ini tidak memakai karet elastis lagi.

2. Behel metal

Behel ini merupakan jenis behel yang paling banyak digunakan, itu karena karet elastis dari behel ini memiliki warna-warna yang menarik. Sangat cocok untuk kamu yang suka warna-warna cerah.

Maka dari itu behel ini memerlukan perawatan yang ekstra, kamu harus mengganti karet elastis di klinik gigi secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga dari behel ini juga tidaklah mahal, cocok untuk kamu yang masih kuliah dan biaya minim namun ingin memiliki gigi yang ideal.

3. Behel lingual

Behel ini lain dari behel-behel lainnya, itu karena behel ini akan dipasang dibagian belakang gigi kamu. bracket akan dikaitkan ke gigi bagian belakang kamu, ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bentuk gigi rapi namun kurang percaya diri jika memakai behel.

Baca juga: Cara menggosok gigi sesuai anjuran dokter gigi

Itu karena behel ini tidak akan terlihat dari depan. Jadi kamu akan tetap bisa melakukan aktifitas sehari-hari tanpa malu karena pakai behel.

4. Behel transparan

Bagi kamu yang masih kurang percaya diri untuk memakai behel tapi sudah tidak tahan lagi dengan bentuk gigi kamu yang kurang rapi, kamu bisa mencoba behel jenis ini. Behel ini berbahan dasar ceramic atau sapphire.

Kekurangan dari jenis behel ini adalah kekuatannya tidak sekuat behel dengan bahan dasar metal, dan tidak bisa digunakan dalam kasus yang berat. Walaupun sama menggunakan karet namun berbeda warna untuk behel ini berwarna putih atau transparan.

Gimana, udah tau kan macam macam behel? Mau pilih yang mana ni? Jangan sampai salah pilih ya dan ada baiknya kamu konsultasikan dulu sama dokter gigi. Setelah kamu konsultasi dengan dokter gigi, maka akan jelas semuanya.

Dijamin tidak ada lagi masalah yang akan kamu alami jika konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Dokter gigi akan menjelaskan semuanya tentang keadaan gigi kamu serta akan merekomendasikan behel apa yang cocok untuk kamu gunakan nantinya.

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!