fbpx

Gejala timbulnya karang gigi karena sisa makanan yang ada di gigi tidak segera diangkat. Sisa makanan ini bisa membuat gigi kamu timbul plak pada permukaan gigi.

Plak pada gigi ini akan terus terkumpul kalau kamu tidak segera membersihkannya. Plak akan mengeras dan menjadi karang gigi yang bisa berbahaya.

Karang gigi adalah timbunan plak yang mengeras pada gigi, dan tumbuh sedikit demi sedikit. Terbentuknya karang ini akibat bercampurnya bakteri, protein dan juga sisa makanan dalam mulut. karang gigi ini terbentuk karena kamu malas untuk menyikat gigi, jadi sisa makanan tidak terangkat.

Karang gigi ini hanya bisa kamu lakukan dengan perawatan yang bernama scaling. Perawatan ini yang bisa melakukannya adalah dokter gigi dengan bantuan alat yang bernama scaler.

Dengan alat ini karang gigi dapat dengan mudah terangkat dari gigi kamu. Dokter akan membersihkannya secara merata ke semua bagian gigi kamu.

Karang gigi mungkin masih yang menganggapnya remeh, namun dibalik itu semua banyak sekali masalah kesehatan gig yang dapat kamu derita. Gigi goyang, bau mulur dan juga gingivitis adalah beberapa masalah yang dapat timbul karena serangan karang gigi.

Gejala Timbulnya Karang Gigi

Ada beberapa gejala yang bisa mengindikasikan timbulnya karang gigi ini.

Karang gigi ini timbul karena kamu malas menggosok gigi secara rutin, ciri-cirinya adalah. Adanya lapisan yang terbentuk pada gigi kamu, biasanya pada celah gusi dengan gigi.

Warna lapisan karang gigi berwarna kuning dan juga kecoklatan. Karang gigi ini sulit untuk kamu bersihkan sendiri, hanya dengan bantuan dokter gigi yang bisa membersihkan karang gigi ini.

Munculnya karang gigi memang tidak akan membuat gigi kamu sakit, namun dampak dari karang gigi itu yang berbahaya. Hal yang sangat berkaitan dengan karang gigi adalah penyakit peradangan pada gusi (gingivitis). Hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan kamu, gingivitis ini akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Baca juga: Manfaat Scaling Gigi, Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi

Penyakit yang berbahaya adalah periodontitis yang merupakan penyakit gusi stadium lanjut.

Penyakit periodontitis ini akan menyerang gusi, tulang, dan jaringan ikat yang membuat gusi longgar, dan dapat membuat gigi mudah tanggal (copot).

Cara Penanganan Karang Gigi

Jika di gigi kamu sudah tampak karang gigi, janganlah panik segera ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan. Masalah karang gigi ini masih bisa diatasi dengan bantuan dokter gigi, nantinya kamu akan menjalani perawatan scaling gigi.

Proses scaling ini nantinya akan dibantu menggunakan alat canggih yang bernama scaler. Dengan alat ini karang gigi yang keras, dan menempel kokoh pada gigi akan dengan mudah disingkirkan. Dalam proses ini akan sedikit terjadi rasa nyeri, namun kamu tidak perlu khawatir.

Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, dokter gigi akan memberikan bius lokal yang berguna untuk meredakan rasa nyeri saat proses scaling berlangsung.

Jika kamu mengalami alergi jika terkena bius lokal, lebih baik beritahu dokter agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.