fbpx

Behel tanpa sakit – Pemakaian behel atau kawat gigi makin marak di kota-kota besar Indonesia. Hal ini terjadi karena makin tingginya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia.

Khususnya di kota-kota besar akan pentingnya perawatan kawat gigi dan juga pengaruh berkembang pesatnya media sosial, sehingga informasi tentang perawatan kawat gigi sangat mudah dicari.

Ditambah, makin terjangkaunya perawatan kawat gigi belakangan ini juga membuat keinginan masyarakat jadi lebih tinggi untuk melakukan perawatan.

Para publik figur yang terlihat cantik, terawat dan menarik pun turut membuat masyarakat berlomba untuk memiliki penampilan yang serupa. Salah satunya dengan memperbaiki susunan gigi geligi dengan perawatan kawat gigi.

Manfaat Kawat Gigi

Selain untuk memperbaiki posisi gigi, kawat gigi juga dapat membantu memperbaiki profil wajah, dan memperbaiki fungsi pengunyahan.

Beragam jenis kawat gigi diperuntukkan bagi Anda. Umumnya kawat gigi terbagi menjadi dua jenis, yakni kawat gigi lepasan yang biasa digunakan untuk anak-anak dalam periode gigi susu dan kawat gigi cekat (behel) yang biasa digunakan untuk remaja dan dewasa.

Namun rupanya, dibalik merebaknya pemakaian kawat gigi terdapat pula beberapa keluh kesah dari para pengguna kawat gigi. Sakit merupakan salah satu keluhan yang sering didengar.

Selain itu lamanya perawatan juga menjadi kendala para pengguna kawat gigi. Untuk kedua masalah diatas telah tersedia jawabannya, yaitu dengan menggunakan behel teknologi terbaru yang disebut sistem damon.

Sistem damon  merupakan teknologi  kawat gigi cekat terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi, tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Behel Konvensional.

Dalam perawatannya behel damon tidak menggunakan karet, akan tetapi pada bracketnya memiliki penyangga khusus  untuk menyangga kawat yang digunakan.

Oleh karena itu, tekanan yang biasanya menimbulkan rasa sakit dari tekanan karet tidak lagi dirasakan pada behel sistem damon ini.

Kawat gigi jenis ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. Sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Dalam melakukan perawatan, kunjungan dokter yang dibutuhkan selama perawatan adalah per 8-10 minggu sekali, tidak sesering pada kawat gigi konvensional yang biasanya 3-4 minggu sekali.

Behel Tanpa Sakit dan Paling Efektif? Behel Damon jawabannya

Keunggulan Behel Damon

Dilihat dari teknologi dan prosesnya, sistem damon memang lebih unggul dibandingkan dengan behel metal konvensional. beberapa keunggulan damon , seperti di bawah ini.

  1. Pada kasus ringan dapat memperkecil kemungkinan pencabutan gigi, karena behel damon memiliki kemampuan untuk melebarkan rahang hingga 10mm.
  2. Proses yang tidak menyakitkan karena tidak membutuhkan karet yang memberikan tekanan pada gigi.
  3. Kunjungan dokter yang lebih sedikit. Jika perawatan konvensional membutuhkan pengecekan 3-4 minggu sekali, perawatan damon braces hanya memerlukan perawatan 8-10 minggu sekali.
  4. Sebuah studi mengungkapkan jika perawatan pada pasien dengan behel damon , jauh lebih cepat 7,2 bulan dibandingkan dengan perawatan konvensional.
  5. Karena tidak banyak menggunakan kawat, pasien akan lebih mudah dalam membersihkan gigi. Secara tidak langsung, kebersihan mulut jadi lebih terjaga.
Behel Tanpa Sakit dan Paling Efektif? Behel Damon jawabannya

Ditulis Oleh: Drg. Dean Sena

Sumber:

Baca Juga:

Apa Aja Sih Proses Bleaching Untuk Memutihkan Gigi?

Sering Menggunakan Obat Kumur Antiseptik Baik atau Tidak?