fbpx

Malas menggosok gigi sama saja seperti kamu menimbun penyakit dalam mulut kamu. Karena sisa makanan yang terselip di gigi kamu adalah sumber dari penyakit. Oleh sebab itu ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi setiap hari dengan menyikat gigi.

Malas menggosok gigi setiap hari sebanyak dua kali sehari akan menyebabkan banyak penyakit timbul. Penyakit yang sering diderita jika kamu malas dalam menyikat gigi adalah, timbulnya karang gigi. Dari timbulnya karang gigi ini akan bermunculan banyak sekali penyakit gigi.

Karang pada gigi awal mulanya adalah plak pada yang lama dibiarkan lalu mengeras, dan jadilah karang gigi. Penyakit seperti peradangan pada gusi adalah salah satu akibat dari karang gigi itu sendiri. Cara yang paling pas untuk membasmi karang gigi adalah kamu harus melakukan scaling gigi.

Balik lagi ke akibat malas menggosok gigi, dokter menganjurkan untuk menggosok gigi setiap dua kali sehari. Namun masih banyak yang malas untuk melakukannya, walaupun sudah tau akan bahaya dibaliknya.

Menggosok gigi setiap dua kali sehari, berarti kamu bisa melakukannya di pagi dan malam hari. Tapi kenyataannya banyak yang hanya menyikat gigi di pagi harinya saja, dengan berbagai alasan. Hal inilah yang menyebabkan penyakit pada rongga mulut senang sekali hadir.

Jika bukan kamu yang menjaga kesehatan gigi kamu sendiri siapa lagi?

Akibat Malas Menggosok Gigi

Inilah Akibat Jika Kamu Malas Menggosok Gigi

Pemicu bau mulut

Selain dapat merusak gigi dan gusi kamu, malas menyikat gigi dua kali dalam sehari juga bisa menyebabkan bau pada mulut. Tidak menyikat gigi memungkinkan bakteri berkembang dengan baik di dalam rongga mulut kamu, yang akhirnya mengarah ke penumpukan plak pada gigi.

Kemudian, plak ditambah dengan radang inilah yang akan menimbulkan bau tak sedap di mulut kamu. Jika sudah begini segeralah datang ke klinik gigi untuk mandapatkan penanganan lebih lanjut.

Gigi menjadi rapuh

Gigi memiliki lapisan yang bernama enamel gigi, ini merupakan lapisan terluar dari gigi kamu. Gigi yang merapuh memang pasti terjadi, tapi prosesnya bakal lebih cepat kalau kamu hanya menyikat gigi di pagi hari saja.

Oleh karena itu menyikat gigi dua kali sehari sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi dan juga menjaga kekokohan gigi kamu.

Baca juga: Perawatan memutihkan gigi

Peradangan pada gusi

Ini adalah penyakit yang paling serius bisa terjadi jika kamu malas dalam menggosok gigi setiap hari. Karena, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi bisa menimbulkan risiko penyakit lain yang lebih kronis, seperti diabetes, osteoporosis, bahkan sampai penyakit jantung. 

Menurut penelitian penumpukan plak dan bakteri dari sisa makanan yang menyebabkan penyakit gusi akan membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk berkembang.

Nah, dengan menyikat gigi dua kali sehari, kita akan membasmi bakteri tersebut sebelum mereka punya kesempatan buat berkembang.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!