fbpx

Tips Meredakan Sakit Saat Baru Pasang Behel – Anda merasa sakit saat baru pasang behel? Rasa sakit setelah pemasangan behel gigi adalah hal yang wajar.

Sebab, tekanan pada gigi kamu meningkat dan lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, faktornya bervariasi menurut usia, tingkat stres, dan jenis kelamin.

7 Tips Meredakan Sakit Saat Baru Pasang Behel

7 Tips Meredakan Sakit Saat Baru Pasang Behel

Sebenarnya, secara alamiah rasa sakit ini akan hilang dengan sendirinya tanpa diberikan tindakan apa-apa. Ini bukan sesuatu yang membahayakan. Lama-lama anda akan terbiasa dengan tekanan ini, rasa sakit hilang, dan anda pun bisa mengunyah seperti sedia kala.

Baca Juga : Yuk Kenali Penyakit yang Bisa Menyerang Bagian Gusi Kamu – Drg. Nurul

Namun, jika anda memang tidak tahan dengan rasa sakitnya, beberapa tips di bawah ini bisa anda lakukan untuk meringankan rasa sakitnya.

1. Pilihlah makanan bertekstur lunak

Nyeri terparah akibat kawat gigi biasanya terjadi dalam 24-72 jam pertama sejak kawat gigi dipasang. Selama beberapa hari pertama, santaplah makanan sangat lunak yang tidak perlu banyak dikunyah sampai sudah lebih terbiasa makan dengan kawat gigi.

Contoh makanan lunak yang bisa anda pilih seperti bubur, nasi tim, kentang rebus, telur, daging ikan, makaroni, yogurt, smoothies, puding, dan lainnya.

Hindari makanan keras seperti kerupuk, gorengan, buah yang bertekstur keras seperti apel, serta camilan yang keras. Hindari juga makanan yang lengket seperti permen, ini akan membuat anda semakin tidak nyaman karena bisa menempel di behel atau gigi.

2. Santap makanan dingin atau beku

7 Tips Meredakan Sakit Saat Baru Pasang Behelan Karang Gigi Dengan Cepat

        7 Tips Meredakan Sakit Saat Baru Pasang Behel

Minum air dingin adalah cara yang praktis untuk meredakan rasa tidak nyaman yang anda rasakan setelah mengencangkan behel gigi. Suhu dingin memberikan sensasi seperti mati rasa di sekitar mulut.

Suhu dingin juga membantu mengurangi peradangan pada gusi yang sedang terasa sakit. Selain itu, es krim juga dapat melegakan nyeri dimulut karena bersifat mengebaskan.

3. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung asam

Minuman dan makanan asam bisa mengiritasi setiap luka di mulut anda. Ini bisa mendorong bakteri untuk bekembang biak lebih pesat di sekitar kawat gigi.

Maka dari itu, kurangilah makanan serta minuman asam seperti buah jeruk dan stroberi atau sari jeruk nipis setelah mengencangkan kawat di dokter gigi.

4. Minum obat Pereda nyeri

Baca Juga : Apa Saja ya Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi? – Drg. Ni Putu Primadewi

Bila rasa nyeri sudah tidak bisa ditahan lagi, minumlah obat pereda nyeri. Anda bisa coba minum obat pereda nyeri satu jam sebelum anda mengencangkan kawat gigi di dokter.

Ini akan mengurangi rasa ngilu dan tidak nyaman yang anda rasakan nantinya setelah behel dikencangkan.

Obat pereda nyeri biasanya dijual bebas di apotek, tetapi pastikan untuk mengikuti aturan pakai pada label obat tersebut. Tidak disarankan untuk minum pereda nyeri dalam jangka panjang karena penggunaan berlebihan bisa membahayakan.

5. Kumur air garam

Kawat gigi biasanya menyebabkan luka pada pipi bagian dalam, bibir, dan juga gusi. Ini yang membuat anda semakin tidak nyaman. Untuk meredamnya, anda bisa kumur mulut  dengan air garam untuk menenangkan mulut yang sedang terasa nyeri.

Air garam dapat melegakan mulut dan mengobati semua luka yang mungkin terjadi akibat kawat gigi menggesek bagian dalam pipi.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat sampai larut.

Lalu kumur dengan larutan ini. Anda bisa berkumur beberapa kali dalam sehari, selanjutnya kumur dengan air biasa. Ingat, jangan sampai menelan airnya.

6. Kompres air hangat

Kompres bagian yang sakit dengan kain yang sudah dibasahi dengan air panas. Tempelkan ke bagian pipi, dagu, atau rahang yang terasa sakit.

Kompres dan tekan dengan perlahan. Kompres hangat selama beberapa menit hingga rasa sakitnya bisa sedikit berkurang.

7. Mintalah saran tambahan mengenai cara meredakan nyeri.

Dokter anda mungkin dapat menyarankan metode meredakan nyeri yang sesuai dengan kondisimu. Tidak ada salahnya juga loh meminta saran dari dokter langsung.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Sumber Referensi:

  • https://id.wikihow.com/Meredakan-Nyeri-Akibat-Kawat-Gigi
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/mengatasi-sakit-akibat-behel-gigi/